Azmi Riyadin Official
Muhammad Azmi Zamzami Riyadin adalah Seorang SEO Analytic, Content Creator, Graphic Designer, dan Internet Marketing Profesional yang telah menggeluti lini ini lebih dari 5 Tahun. Berdomisili di Kota Jombang, saat ini sedang menjalankan Kuliah Jurusan Sistem Informasi di Salah Satu Universitas Swasta di Kota Jombang | Email: azmiriyadinofficial@gmail.com | Phone/Whatsapp 0812-1760-6145

Apa Itu Design?

Azmi Riyadin Official (Layanan Pemasaran Digital, Design Produk, dan Digital Branding Profesional di Kota Jombang) -  Apa itu desain?

Well, coba jelaskan satu kalimat: apa itu desain? Memikirkan tanggung jawab etis para desainer, saya membutuhkan definisi yang tepat tentang apa itu desain. Dalam postingan kali ini saya akan menunjukkan jawaban singkat saya. Antara lain, kata desain biasanya mengacu pada:

  • Kegiatan mendesain
  • Proses desain: bagaimana aktivitas itu terstruktur
  • Hasil dari aktivitas dan proses itu, desain


Jadi yang perlu kita perjelas adalah apa itu desain. Setelah memeriksa beberapa sumber, saya menemukan bahwa Wikipedia cukup berguna dan sejalan dengan pengalaman saya sendiri:

Sebuah rencana atau spesifikasi untuk konstruksi suatu objek atau sistem atau untuk pelaksanaan suatu kegiatan atau proses. Sebuah desain adalah rencana untuk membuat sesuatu! Nah, itu akan mudah jika tidak ada begitu banyak hal yang hanya itu, tetapi kami tidak menyebut desain. Seperti resep. Kami tidak harus melalui semua pengecualian, karena untuk sebagian besar Anda mungkin akan setuju bahwa itu bukan desain (catatan tambahan:Tapi itu aneh, bukan? Kami tidak mempertimbangkan resep dalam desain buku masak, tetapi anda bisa melakukannya dengan baik membuat desain untuk makanan yang diproduksi secara industri, terutama bahan makanan yang diekstrusi dan dicetak, seperti permen.).

Tetapi ada hal-hal yang tumpang tindih dengan desain yang dapat membingungkan, terutama dalam seni dan teknik.

Desain bukan seni

Ya ampun, saya benar-benar tidak memulai posting ini untuk mendefinisikan seni. Tapi saya punya definisi yang berhasil (sidenote:Saya menyadari sekarang bahwa dalam bahasa Inggris seni dapat memiliki arti yang lebih luas, seperti dalam karya seni untuk mencetak pada kotak makan siang. Tapi saya pikir hal semacam itu lebih merupakan makna sekunder. Di sini saya sedang berbicara tentang apa dalam bahasa Jerman dan Belanda yang Anda sebut Kunst.)untuk saya:

Seni adalah sebuah kreasi yang tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan emosi. Soalnya, dengan begitu saya bisa memisahkan dengan baik beberapa hal yang terkadang dikacaukan dengan seni:

  • Hiburan, yang terkadang dibuat oleh seniman untuk mencari nafkah sambil melatih keterampilan mereka
  • Kitsch, yang meniru seni, tetapi dimaksudkan untuk dekoratif atau sebagai simbol status
  • Dekorasi, yang ditambahkan ke benda-benda agar tidak terlalu jelek atau membosankan, atau memberi isyarat budaya. Dekorasi sering terjadi sebagai bagian dari desain

Suatu kali, ketika saya bekerja sebagai desainer lepas di sebuah perusahaan besar, seorang manajer tingkat menengah muncul di tim kami. Dengan senyum lebar, dia dengan keras bertanya, “Halo, bagaimana kabar artisku!?” Menyakitkan. Dia tidak hanya tidak tahu tentang desain, tetapi lebih buruk lagi: dia tidak tahu mengapa seni dibuat.

Lalu Bagaimana orang seperti dia bisa begitu bingung? Dugaan saya itu karena desainer dan seniman memiliki beberapa alat dan keterampilan yang sama. Desainer menggunakan pensil, kertas, dan spidol yang sama dengan yang digunakan seniman. Baik dalam seni dan desain, adalah umum untuk membuat sketsa dan gambar yang lebih detail sebelum menggunakan sepotong besar marmer/baja cetak injeksi yang mahal.

Diagram Venn seni dan desain dengan hampir tidak tumpang tindih. Baik seniman dan desainer mungkin (kadang-kadang) menggunakan pena dan spidol yang mahal, tetapi itu hampir tidak membuat seni dan desain saling tumpang tindih.

Lalu mengapa desain diajarkan di sekolah seni?

Desainer dan seniman mengambil inspirasi dari satu sama lain. Seni grafis dan desain grafis mengikuti tren dan gerakan serupa. Seni dan desain berbagi sejarah. Ada bentuk seni keseluruhan membuat objek meniru produk yang berguna untuk membuat pernyataan. Ini adalah jenis desain yang diajarkan di sekolah seni yang menurut saya sebenarnya bukan desain.

Lalu ada seluruh tradisi desain dekoratif yang berakar kuat dalam seni. Sejak saat insinyur membangun mesin uap dan beberapa seniman diizinkan mengecatnya untuk membuatnya cantik. Mungkin inilah mengapa begitu banyak orang masih berpikir bahwa desain hanya ada untuk membuat segala sesuatunya terlihat bagus. Tapi kita sudah tahu selama lebih dari satu abad sekarang bahwa desain yang baik dibuat ketika tampilan dan fungsi dikembangkan bersama.


Desain bukan hanya tentang keterampilan visual atau membuat sesuatu menjadi bagus. Bisa tentang hidup dan mati. Pikirkan kontrol pesawat— 'Kesalahan manusia' sebagai penyebab kecelakaan pesawat biasanya kru tidak menangani sinyal seperti yang dimaksudkan oleh perancang. Pikirkan mobil, taman bermain, mainan. Akankah genosida Rohingya akan terjadi pada skala ini jika bukan karena berita palsu yang menyebar di platform sosial yang mudah digunakan?

Itu sebabnya saya percaya itu adalah kriminal batas untuk mengajari orang cara mengekspresikan diri untuk mencari nafkah dan kemudian memberi tahu mereka bahwa mereka adalah seorang desainer. Supaya mereka bisa direkrut oleh para pebisnis yang hanya ingin merayu orang untuk menggunakan produknya. Penghargaan untuk Mike Monteiro untuk kesimpulan itu.

Seni bukan bagian dari desain

Jika seorang seniman membuat sketsa atau spesifikasi sebelum membuat karya akhir, saya juga akan mempertimbangkan desain itu. Desain sebuah karya seni. Tapi itu tidak membuat semua desain kreasi seni dan itu pasti tidak membuat seni desain.

Desain bukan rekayasa

Rekayasa adalah tentang membuat mesin atau sistem teknis melakukan sesuatu dengan tujuan. Dalam pengembangan produk, tujuan tersebut adalah menciptakan produk yang sesuai dengan spesifikasi. Rekayasa membutuhkan banyak waktu. More dari desain, biasanya. Mesin produksi (apakah itu mesin cetak injeksi atau server) dan hal-hal yang mereka proses dan konsumsi mahal. Jadi, Anda menghemat waktu dan biaya dengan memiliki rencana—desain—sebelum memulai teknik.

Tapi jujur ​​​​saja: beberapa insinyur juga bisa melakukan desain yang bagus. Lagi pula, jika desain adalah tentang membuat rencana untuk menghasilkan sesuatu, apa yang dilakukan insinyur, mengambil alih dari perancang?


Dalam proses desain industri (sidenote:Desain produk yang diproduksi secara massal.)proses ada langkah di mana gambar teknis yang dibuat oleh seorang desainer diserahkan kepada seorang insinyur. Insinyur kemudian menambahkan lebih banyak detail dan memperbaikinya. Terutama untuk memastikan produk tidak pecah selama atau setelah produksi. Kegiatan menggambar teknik terlihat seperti menggambar desainer, tetapi tujuannya adalah untuk memastikan bahwa mesin dapat membangun produk dengan baik. Demikian pula, dalam desain web seorang desainer dapat menentukan komponen dalam CSS. Tujuan desainer di sini harus menjadi penyerahan spesifikasi desain yang efisien kepada insinyur. Tapi itu masih terserah insinyur (catatan tambahan: Saya tidak mengatakan desainer tidak boleh membuat kode. Tetapi ketika mereka membuat kode untuk produksi, mereka tidak lagi mendesain.) untuk memeriksa validitas kode itu dan memperbaikinya jika perlu sebelum menambahkannya ke kode produksi: instruksi untuk mesin pengguna untuk mempresentasikan produk.

Terkadang spesifikasi desain menyertakan instruksi untuk mesin. Itu tidak berarti semua desain adalah bagian dari teknik. Fase spesifikasi desain dapat mencakup instruksi mesin, tetapi itu tidak diberikan. Dan Anda juga dapat membuat desain untuk objek dan layanan buatan tangan. Beberapa pekerjaan desain adalah rekayasa, tetapi esensi dari desain tidak.

Diagram Venn teknik dan desain dengan beberapa tumpang tindih

Terkadang desainer dan insinyur berbagi tanggung jawab untuk tugas. Mereka harus menyadari tugas apa yang desain dan apa yang rekayasa.

  • Menyalin produk - Terkadang produk disalin oleh perusahaan yang tidak memiliki desain aslinya. Saya berpendapat tindakan membuat rencana untuk membuat salinan adalah bentuk rekayasa, bukan desain. Orang-orang yang bertanggung jawab atas operasi semacam itu tidak mencari cara untuk menciptakan solusi baru untuk suatu masalah. Mereka tidak bertujuan untuk meningkatkan produk atau untuk memecahkan masalah pengguna yang belum terpecahkan (selain membuatnya lebih murah mungkin). Mereka hanya ingin mesin meniru produk aslinya. Itu rekayasa.
  • Desain bukanlah manajemen produk - Dalam pekerjaan saya, tim tipikal memiliki:

    • Desainer
    • Insinyur
    • Manajer produk
    • Orang bisnis

Saya tidak pernah (catatan tambahan:Kecuali saya yang lebih muda, yang mengklaim Steve Jobs sebagai bagian dari suku desain.)bertemu dengan orang yang mengacaukan bisnis dengan desain. Namun batas antara manajemen produk dan desain terkadang bisa kabur. Diagram Venn untuk PM dan desain keduanya menunjukkan tumpang tindih dengan teknik dan bisnis. Saat menjelaskan pekerjaan mereka, manajer produk suka menunjukkan diagram venn yang hampir identik dengan diagram tentang desain. Bagian penting dari manajemen produk adalah melakukan perencanaan seputar penciptaan produk baru. 

Dan jika desain adalah rencana untuk membuat produk, bukankah manajemen dan desain produk hampir sama?
Minimal desain adalah rencana untuk dimensi, penampilan, dan perilaku suatu produk setelah dimiliki oleh pengguna. Itu tidak harus mencakup rencana untuk proses pengembangan. Di situlah PM bisa masuk. Manajer produk membuat rencana dan proses sementara. Manajemen produk bersifat organisasional.

Saya menemukan istilah manajemen produk agak membingungkan. Ini menyiratkan perhatian PM tertuju pada produk. Tetapi manajemen produk tidak membuat desain atau melakukan rekayasa. Ini adalah fungsi fasilitasi untuk tim produk. Manajemen pengembangan produk akan menjadi istilah yang lebih baik, kecuali bahwa manajemen produk berkaitan dengan seluruh siklus hidup suatu produk, mulai dari konsepsi hingga penjualan, pemasaran, dan daur ulang. Bagaimanapun, satu tujuan manajemen produk adalah mengurangi biaya pengembangan dengan membuat tim lebih efisien: fungsi bisnis. Dan anda tidak akan bingung antara pebisnis dengan seorang desainer, bukan?

Jadi, apa itu desain?
Dengan segala sesuatu yang tidak dirancang, saya ingin mendapatkan definisi desain yang lebih spesifik dan praktis. Bagian tentang teknik berakhir dengan catatan tentang bagaimana menyalin suatu produk bukanlah desain. Jika itu benar, maka desain adalah membuat rencana untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bahwa sesuatu dapat memecahkan masalah yang belum pernah dipecahkan sebelumnya, atau menyelesaikannya dengan cara baru. Bagian engineering juga membahas bahwa engineering adalah tentang mempersiapkan mesin untuk membangun sesuatu. Itu berarti bahwa jika Anda mengembangkan sesuatu untuk mendukung mesin, itu adalah bagian dari teknik. Dan merancang bagian dari mesin produksi juga merupakan rekayasa.

Itu berarti desainer mendesain untuk orang (catatan tambahan: Jika kita mendesain untuk alam, itu biasanya dalam konteks rekayasa (memastikan pompa tidak membunuh ikan) atau orang (produk hewan peliharaan) juga.). Desainer memastikan layanan baru masuk akal bagi orang yang mereka desain. Produk itu ts memiliki fungsi yang berguna. Bahwa mereka menyenangkan untuk digunakan. Bahwa mereka diinginkan. Desain adalah singkatan dari desain yang berpusat pada pengguna dan desain yang berpusat pada pengguna. Itu membawa saya ke definisi berikut:

Desain adalah rencana untuk membuat sesuatu yang baru bagi orang-orang, yang mereka anggap bermanfaat.


Tunggu, kenapa saya tidak bilang saja “Desain adalah rencana untuk membuat hal-hal baru yang berguna bagi orang-orang”? Dan apa perbedaan antara desain yang berpusat pada pengguna dan yang berpusat pada pengguna? Lupakan "Haruskah desainer membuat kode?" dan skeuomorphism versus desain datar. Perbedaan antara mendesain untuk pengguna dan mendesain untuk bisnis, untuk pengguna mungkin merupakan isu terpenting yang pernah diperdebatkan dalam desain. Tetapi lebih banyak tentang itu di posting saya Desain yang berpusat pada pengguna versus desain yang berpusat pada pengguna.

Penutup

Saat anda mendesain, anda melakukan segala macam hal, seperti:

  • Riset pengguna
  • Menganalisis layanan yang bersaing

Mendapatkan Dunning-Krugered (catatan tambahan:Efek Dunning-Kruger adalah kekhasan otak kita yang membuat kita melebih-lebihkan kemampuan kita setelah mempelajari sedikit tentang suatu topik.) menjadi percaya bahwa anda memahami target pasar anda. Iya bukan? HeHeHe

  • Menulis di post-it
  • Membuat sketsa
  • Nongkrong dengan para insinyur

Yang lain melihat desainer melakukan itu dan juga melihatnya di profesi lain. Hal itu terkadang membuat mereka bingung. Tetapi hanya desainer yang membuat rencana untuk membangun hal baru. Itu bukan pekerjaan orang lain. Konon, desain terjadi di banyak profesi dan tidak hanya dalam pengembangan produk. Segala sesuatu yang pernah dibuat telah dirancang. Terkadang secara sadar, di lain waktu tidak begitu banyak.

Desain membuat produk sukses karena langsung ke teknik hampir pasti akan meningkatkan biaya. Memperbaiki kesalahan dalam rekayasa biaya sekitar 10 kali jumlah memperbaiki kesalahan dalam desain. Memperbaiki kesalahan dalam biaya produksi sekitar 100 kali lipat. Tetapi desain lebih dari sekadar mengurangi biaya teknik. Desainer membuat rencana untuk produk yang diinginkan, dibutuhkan, dan disukai orang. Ini memberikan tujuan untuk produksi di luar mekanisme pasar. Dan itu sambil meningkatkan penjualan dan nilai pasar. Itulah yang akan saya jawab dengan santai saat seseorang bertanya kepada saya, “Jadi… berapa ROI untuk desain?” Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Lebih baru Lebih lama